Minggu, 13 September 2009

Globalisasi US dibatalkan

Globalisasi .US Terpaksa Dibatalkan

Tanggal: 31 Jul 2001
Sumber: NamaDomain.com

NamaDomain.com, Keinginan pemerintahan Amerika Serikat untuk mengglobalisasikan Top Level Domain (TLD) .us layaknya TLD negara Tuvalu, .tv terpaksa dibatalkan atas kritik para kritikus internet.

Tadinya TLD .us ini dipakai oleh instansi pemerintahan Amerika Serikat, sekolah pemerintah, museum dan beberapa perusahaan yang berkaitan dengan kegiatan pemerintahan Amerika Serikat.

Sebagaimana kritikan yang diluncurkan oleh para kritikus dan kelompok organisasi pemerhati perkembangan internet Amerika Serikat mengatakan bahwa proses untuk mengglobalisasikan TLD .us terlalu terburu-buru.

Keinginan pemerintahan Amerika Serikat ini dikarenakan mereka melihat bahwa tingkat ketersediaan global Top Level Domain (gTLD) seperti .com, .net dan .org semakin menipis. Untuk itulah mereka berniat untuk mengembangkan TLD .us agar dapat diregistrasikan secara global tanpa memerlukan persyaratan atau dokumentasi pendukung.

Senator Ernest Hollings dari South Carolina, John Rockefeller dari West Virginia dan John Kerry dari Massachusetts telah mengirimkan surat kepada pemerintahan Amerika Serikat untuk membatalkan niatnya mengglobalisasikan TLD .us.

Ketiga senator ini meminta pemerintah Amerika Serikat untuk memikirkan kembali niatnya dengan menyampingkan sisi komersialnya.

Tadinya bila proses penawaran ini berjalan dengan lancar, maka pemenang akan diumumkan pada tanggal 10 November tahun ini.

Namun sumber resmi pemerintah Amerika Serikat tidak menyebutkan secara pasti siapa saja yang telah mengajukan keinginannya untuk mengelola TLD ini.

Walaupun demikian kabar burung mengatakan bahwa dari beberapa pemohon, tersebut beberapa perusahaan besar yang cukup ahli dalam bidang ini seperti Register.com, Verisign Inc. dan Neustar Inc. turut berpartisipasi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar